Friday, 28 December 2012

Tulisan surat Bapak

Mudah-mudahan seluruh rakyat Indonesia dapat bersatupadu, seia sekata, sehati sepikir dalam memberantas kemiskinan dan kebodohan di bumi persada Indonesia ini, melalui karya nyata yang langsung dapat dirasakan oleh rakyat Indonesia yang miskin (prasejahtera)


Mau lihat informasi Program KNS lebih banyak?

Program Karya Nyata Sosial telah hadir di..............................................

Kader Posyandu Bergerak untuk Membasmi Jentik.


Jumantik (Juru Pemantau Jentik)


Musim hujan telah tiba. Hati-hati dengan genangan air di dalam dan lingkungan sekitar rumah yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk. 

Thursday, 27 December 2012

Dua RibU TigA BeLas, ngak pake alas, amblas-amblas, jadi malas, tapi ngak bikin lemas karena ada tambang emas,,, ayo masss

Bentar lagi semua orang di bumi merayakan 2013, menyambut tahun baru atau perubahan angka bilangan tahun..
Rencana atau harapan segera dibuat untuk mengisi 2013..
semoga Bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang bukan hanya penuh dengan kemeriahan tahun barunya, atau penuh dengan rencana dan cita-cita belaka.
Kadang sudah habis merogoh kocek yang tidak sedikit, habis pesta tahun baru udah begitu saja... liburan habis... kerja lagi , sekolah lagi...

Gotong Royong dan Pengolahan Sampah dengan 0% Modal


Gotong Royong dan Pengolahan Sampah dengan 0% Modal (Bantuan) di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Bandung Barat 

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dalam program Karya Nyata Sosial dilakukan kegiatan gotong royong sambil dibarengi dengan pengolahan sampah.  Kegiatan gotong royong sebagai bagian dari program Karya Nyata Sosial sudah pernah beberapa kali diadakan antara lain di Ketapang, Kalimantan Barat dan Buleleng, Bali tetapi gotong royong yang kali ini diadakan di Desa Pagerwangi berbeda dari kegiatan-kegiatan sebelumnya karena dilaksanakan benar-benar swadaya masyarakat atau bisa dibilang 0% modal. Sumber daya manusia, peralatan untuk membersihkan lingkungan desa, dan konsumsi semuanya berasal dari masyarakat desa Pagerwangi. 

Berita dari Harian Jogya "Jalan Rusak, Warga Iroyudan Tanam Pohon Pisang"


Jalan Rusak, Warga Iroyudan Tanam Pohon Pisang

Warga melintas di jalan berlubang yang ditanami pohon pisang di wilayah Dusun Iroyudan, Guwosari, Pajangan, Kamis (27/12/2012). (JIBI/Harian Jogja/Dinda Leo Listy)
BANTUL—Kesal karena jalan rusak di wilayahnya tidak kunjung diperbaiki, sebagian warga Dusun Iroyudan, Guwosari, Pajangan nekat menanam pohon pisang di sejumlah titik jalan yang berlubang.
Ditemui Harian Jogja, Kamis (27/12/2012) siang, salah satu warga Dusun Iroyudan, Imam, 45, menerangkan penanaman pohon pisang itu menyebar di jalan wilayah RT 1, 2, 3, 4, dan 6.
“Sudah bertahun-tahun jalan ini berlubang. Hampir setiap hari memakan korban kecelakaan. Hingga kini, belum sekalipun ada upaya perbaikan dari pemerintah,” kata Imam diamini belasan warga lain.
Kecelakaan terakhir terjadi pada Rabu (26/12) sekitar pukul 20.00. Karena terperosok salah satu lubang jalan, pasangan suami istri dan satu anak balita terjungkal dari sepeda motor.
Imam menerangkan, selama ini warga sudah berkali-kali melakukan perbaikan jalan secara swadaya. Yakni, dengan menambal lubang-lubang jalan menggunakan adonan pasir dan semen.
Namun, tambalan yang dikerjakan secara gotong-royong itu tidak pernah awet. Sebab,  jalan menuju Rumah Tahanan (Rutan) Bantul itu menjadi jalur perlintasan utama truk pengangkut batu dan pasir.
Karena tidak kuat menahan beban, tambalan tersebut lekas retak. Lantaran terus tergerus air hujan, retakan itu dengan cepat bertambah lebar hingga akhirnya kembali berlubang.
Menurut warga Dusun Iroyudan yang lain, Sumaryadi, 30, warga sejatinya sudah berupaya memasang lampu penerangan di sekitar jalan yang berlubang.

Jokowi Yakin Sumur Resapan Mampu Atasi Banjir

Penulis : Kurnia Sari Aziza | Rabu, 26 Desember 2012 | 11:54 WIB


Jokowi Yakin Sumur Resapan Mampu Atasi BanjirKurnia Sari AzizaGubernur DKI Jakarta Joko Widodo (berkemeja putih) didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Ery Basworo (memakai topi). Jokowi 'nyebur' meninjau banjir Bukit Duri, Jakarta, Senin (24/12/2012).

Jokowi Akan Paksa Semua Mall Bangun Sumur Resapan



Penulis : Kurnia Sari Aziza | Rabu, 26 Desember 2012 | 20:22 WIB

Jokowi Akan Paksa Semua Mall Bangun Sumur ResapanKurnia Sari AzizaGubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengecek keadaan gorong-gorong di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2012). Tinjauan itu dilaksanakannya untuk mengantisipasi banjir di Ibu Kota terutama di jalan protokol Jakarta.

Slank tanam pohon di lereng Merapi

Gunung bisa meletus ada beberapa penyebabnya, salah satu penyebabnya jumlah pohon yang semakin berkurang, dan areal resapan air yang semakin menepis, ada banyak orang atau sekelompok orang yang terus mencari jalan keluar untuk memperbaiki. Mungkin kesadaran orang masih banyak yang belum mau melakaukan perbaikan diri dan lingkungan. Tapi ketika bencana baru semua orang berduka dan menderita. pPadahal ada banyak janal keluar atau solusi. coba kita lihat ada grup musik mega bintang Slank mencoba memberikan contoh semoga saja bisa diikuti juga oleh masyarakat Indonesia lainnya. seperti apa yang telah diberitakan oleh ANTARA NEWS

Kelompok musik Slank tampil dalam pagelaran "Ngabuburit Bareng Slank" di Lapangan Blok S, Jakarta, Selasa, (31/7). Konser yang diselenggarakan di beberapa kota tersebut untuk menghibur masyarakat menjelang berbuka puasa. (FOTO ANTARA/Agus Apriyanto)

Musim hujan dateng ngak masalah.. banjirnya yang jadi masalah


Untuk dikota-kota besar bahkan di desa-desa pun tindakan yang musti dilakukan terlebih dahulu adalah pembuatan areal resapan bisa berupa, biopori, sumur resapan, empang, kolam, taman, danau dll sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar. Sembari membuat areal resapan kita membuat pelatihan via kader posyandu yaitu gotong royong bersama dan pemilahan sampah sampai ke pengolahan sampah, hingg menanam pohon. Semuanya kalo hanya berupa larangan atau aturan tetap bisa dilanggar, tapi kalo udah ada kesadaran dari setiap diri pribadi kita, pasti terciptalah lingkungan bersih , asri bebas banjir dan polusi.
coba kita baca yang telah kami kutip dari
Kompas.com
Buang Sampah di Sungai Denda Rp 20 Juta

Wednesday, 26 December 2012

Mandiri Investasi Membina desa Pagerwangi (4)

23 Desember 2012 hari minggu pagi cuaca mulai cerah.. menghangatkan desa Pagerwangi yang sedari semalam diguyur air hujan

Mandiri Investasi Membina desa Pagerwangi (3)

Hari Sabtu 22 Desember 2012 hari ke-tiga di Desa Pagerwangi jam 7:30 Pagi
Sumur Resapan dilanjutkan dan kegiatan gotong royong bersama
Marilah kita lihat foto kegiatan pembuatan sumur resapan dulu yah..

Saturday, 22 December 2012

Mandiri Investasi Membina desa Pagerwangi (2)

Hari Jum'at, 21 Desember 2012

Hamparan kabut membuat permadani alam yang indah, Lihat desa Pagerwangi seakan mewakili lukisan keindahan alam Indonesia.

Hari kedua bersiap untuk melaksanakan kegiatan sumur, pelatihan gotong royong dan pengolahan sampah dilaksanakan jam 7:30

Mandiri Investasi Membina desa Pagerwangi (1)

Kamis, 20 Desember 2012. Hari Pertama.
Kawasan Cekungan Bandung yang merupakan salah satu kawasan andalan dan Pusat Kegiatan Nasional di Jawa Barat juga mempunyai arti penting bagi keutuhan ekosistem Jawa Barat dalam mendukung kehidupan, pelestarian fungsi lingkungan hidup, dan menjamin pembangunan berkelanjutan. Kawasan Bandung Barat sebagai kawasan konservasi air di Cekungan Bandung diharapkan dapat mendukung kualitas lingkungan Kawasan Cekungan Bandung.

Tuesday, 18 December 2012

Jokowi, Obama, Hillary Bersaing Rebut 'Person of the Year'


http://intranet01/AllianzIntranet/images/news/3185_1132108-lks--rt-rw-dan-anggota-pkk-berkumpul--620X310.JPG
JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), mengumumkan majalah Time akan memilih Person of the Year atau Orang Terbaik tahun 2012. Nama Jokowi masuk menjadi nominasi dan bersaing ketat dengan sejumlah nama, antara lain Barack Obama (Presiden AS), Aung San Suu Kyi (Burma), Gabby Douglas (atlet AS), Hillary Clinton (Menlu AS), dan Psy yang mempopulerkan Gangnam Style lewat YouTube.

Monday, 17 December 2012

Dua Presiden Indonesia yang Terlupakan Dalam Sejarah


Mungkin masih banyak dari masyrakat Indonesia yang beranggapan bahwa Indonesia hingga saat ini baru dipimpin oleh enam presiden, yaitu Soekarno, Soeharto, B.J. Habibie, K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri dan kini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun hal itu ternyata keliru. Indonesia, menurut catatan sejarah, hingga saat ini sebenarnya sudah dipimpin oleh delapan presiden. Lho, kok bisa? Lalu siapa dua orang lagi yang pernah memimpin Indonesia?

Sunday, 16 December 2012

Kader Posyandu Pahlawan Masa Depan


Penulis : Dedi Muhtadi | Sabtu, 8 Desember 2012 | 20:40 WIB:

Kader Posyandu Pahlawan Masa Depan KOMPAS.com/IKA FITRIANAKegiatan Posyandu
SUBANG,KOMPAS.com - Pendamping Kader Posyandu (PKP) merupakan garda terdepan pengelolaan kesehatan masyarakat. PKP berorientasi menjaga kesehatan masyarakat, khususnya balita, agar tetap sehat. Mereka akan bergerak cepat bila menemui balita yang menunjukkan gejala kesehatan terganggu.
Hal itu ditegaskan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada Jambore PKP 2012 Wilayah II Purwakarta di lapangan terbuka Riung Rangga, Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (8/12/2012). Peserta Jambore berasal dari Subang, Purwakarta, Bekasi, dan Karawang. Jambore berlangsung dua hari, 7-8 Desember 2012.

Menurut Heryawan, kader posyandu adalah pahlawan masa depan Jabar. Tanpa kesehatan sejak balita bangsa ini tidak akan memiliki sumber daya manusia (SDM) unggul di masa depan.
"Juga, tentu, tanpa kesehatan prima, siapapun tidak bakal menikmati asyiknya senam Gangnam Style," ujar Heryawan di depan 1.200 tenaga PKP yang saat itu menggelar senam.
Sebelumnya panitia menginformasikan bahwa sesi senam yang digelar adalah ala Gangnam Style (Gaya Gangnam). Gangnam Style adalah singel K-pop yang mendunia pada pertengahan 2012. Penyanyinya seorang rapper Korea Selatan, Park Jae Sang, yang lebih dikenal dengan nama PSY.
Peserta Jambore langsung bersorak mendengar informasi itu. Senam yang mengadopsi koreografi PSY, dalam lagunya Gangnam Style memang meriah dan dinamis. Diiringi lagu yang sedang hits ini suasana olahraga pagi tersebut benar-benar ingar-bingar.
Sesaat kemudian Heryawan dan seluruh peserta jambore bergerak mengikuti hentakan lagu. Seluruh anggota badanpun bergerak, termasuk silangan tangan ke depan yang menjadi ciri khas joget Gaya Gangnam.
Editor :
Agus Mulyadi

    Ahok Minta Mahasiswa Terlibat Posyandu



    Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Liputan6.com/Abdul Aziz Prastowo)

    Liputan6.com, Jakarta : Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memberikan arahan kepada Dekan Psikologi Universitas Atmajaya untuk mendayagunakan sumber daya mahasiwa dalam mendukung program-program pemerintah DKI Jakarta. Salah satunya, integrasi mahasiswa kedokteran Atmajaya dengan Psikologi di balai kesehatan masyarakat Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

    Wikipedia bahasa Indonesia


    Pos Pelayanan Terpadu

    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. A.A. Gde Muninjaya (2002:169) mengatakan : ”Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu)”. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. (Departemen kesehatan, 1987:10).

    Rambu - Rambu

    Rambu peringatan lalu lintas diatas adalah rangka mengurangi tingkat kemacetan, bahasa sederhananya 1 mobil musti lebih dari 3 orang, yang kurang dari itu tidak boleh melintas dan ditentukan waktu dan wilayahnya.... tetap dengan adanya jasa numpang alias joki three in one, kemacetan akhirnya belum terselesaikan sampai sekarang.

    Saturday, 15 December 2012

    Kasih Ibu........

    Mama - Ibu - Bunda - Mami - Umi - Emak - Simbok - Mamak - Biyung

    "Kasih Ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia"

    5 Desember 2012

    Sahabat Kami Jujuk memberikan goresan tulisannya di blog ini apa yang terjadi pengalamannya di tanggal 5 desember? ada apa di tanggal 5 Des. Mari kita baca hasil pengalamannya . 


    Cerita Sedikit, Sedikit Cerita

    Rabu, 5 Desember 2012, dipilih sebagai hari untuk mempertemukan para sahabat yang berniat mau belajar tentang Program Karya Nyata Sosial. Bertempat di kediaman ibu Endah dekat jalan Fatmawati. 
    Semua ilmu dan pengalaman, sistem, petunjuk teknis dan pelaksanaan program karya nyata sosial dikupas habis agar dapat dilaksanakan oleh siapapun yang mempunyai keinginan untuk mensejahterakan bangsa Indonesia dengan suatu sistem melayani masyarakat prasejahtera secara terpadu.  

    Wednesday, 12 December 2012

    Dokumentasi Bali Buleleng 2011 (Posyandu)


    Dokumentasi Kegiatan Realisasi Posyandu di Buleleng Bali dengan 14 Posyandu 
    berikut anggarannya :


    Saturday, 1 December 2012

    Friday, 30 November 2012

    Program Karya Nyata Sosial Hanyalah Nama Program

     , Jangan salah mengerti. KARYA NYATA SOSIAL bukan nama kelompok atau nama komunitas. Sekali lagi ini adalah nama program yang siap ditiru, dicontoh dan diikuti. Sangat boleh program ini dilaksanakan dimana saja, kapan saja, oleh siapa saja. Tapi jangan dijadikan nama kelompok atau komunitas. Atau ada ide untuk bikin kaos atau stiker atau apapun atributnya, apalagi dibuat kantornya..bukan itu. 

    Lihat dan Baca Cerita Kecil

    Cerita di Buleleng - propinsi Bali.
    Bali disebut sebagai Pulau Dewata, yang berbudaya sangat kuat. Agama Hindu sangat mendominasi dengan kehidupan sehari-hari. Kami mulai datang dengan membawa Program Karya Nyata Sosial dibulan Agustus 2011. sangat diterima dengan baik. Telah dilaksanakan di 14 Posyandu dengan pemberian contoh makanan sehat dan pembuatan laporan kegiatan realisasi dan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah di beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Seririt. Selama 14 Hari kami di Buleleng tepatnya di kota Singaraja. Sampai sekarang pun kami mulai membina di daerah Denpasar (daerah Menguwi dan di banjar Tangguntitih). Semoga para sahabat dan masyarakat lain bisa mencontohkan dan melaksanakan dilingkungan atau desanya masing-masing. Amin

    Tidak Ada Lambang

    Lambang atau suatu tanda yang dimiliki suatu lembaga atau yayasan atau perusahaan berfungsi sebagai alat pengingat dan tanda pengenal, agar supaya publik lebih mengenal dan mengetahui.

    Ada banyak pertanyaan yang selalu ditanyakan tentang Karya Nyata Sosial. Apakah Karya Nyata Sosial itu berupa Yayasan?
    ada kantor perwakilannya? KNS itu lembaga sosial ya mas? Dimana pak, tempat kantornya? ada rek yayasannya? bisa liat data-data tentang KNS mas? Pak, kenapa ngak bikin lambangnya KNS aja pak, biar mudah dikenal?,  banyak beribu-ribu pertanyaan dilontarkan dari mana saja. itu wajar karena mereka belum mengetahui apa itu Karya Nyata Sosial.

    Sunday, 25 November 2012

    Tulisan sedikit buat solusi Jakarta

    Di Jakarta. Setiap orang apapun profesinya pasti sangat menginginkan Jakarta itu bersih tidak banjir, tidak kekeringan, tidak macet dan banyak lagi lainnya.
    tapi apakah sekedar keinginan? atau cuman kritikan kesana dan kesini saja? tidak ada solusi? tidak ada musyawarah? tidak ada gotong royong? mungkin seperti penonton pertandingan sepak bola, yang sembari duduk atau berdiri biasa nya selalu komentar atau kritik seakan-akan dia lebih jago dari pemain-pemain bola yang benar-benar bermain, dan selalu mengharapkan menang.

    Saturday, 17 November 2012

    Berita Desa Jog-jogan

    Hari  Sabtu, 10 November 2012

    sumur resapan Kampung melayu - kelurahan bukit duri - kecamatan tebet - jakarta selatan

    Sumur Resapan yang kedua adalah di kampung melayu - kelurahan bukit duri. Karena daerah ini rawan banjir yang teramat parah... bila musim hujan tiba sering terjadi banjir. Banjir bisa datang dari sungai atau kali Ciliwung yang tersumbat oleh tumpukan sampah, curah hujan yang tinggi di daerah luar jakarta seperti bogor membuat terjadi banjir kiriman. Terlepas banjir dari akibat kali yang ada. banjir juga terjadi daerah sekitar wilayah kampung melayu karena lahan serapan yang kurang dan jumlah kepadatan bangunan rumah.

    Thursday, 8 November 2012

    Sumur Resapan - Cipete Selatan - Jakarta Selatan


    Setiap musim hujan di kota besar seperti Jakarta, kekwatiran pasti datang. Banjir adalah bencana yang sangat ditakuti warga Jakarta. Apalagi musim kemarau yang panjang membuat kesusahan akan air bersih. berbicara mengenai kota Jakarta hanyalah berbicara satu kota saja padahal dampak ini sudah terjadi di kebanyakan kota-kota besar di Indonesia dan menjadi musibah nasional. Program Karya Nyata Sosial mencoba meneruskan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah bahkan sudah dibuatkan Undang-undang yang mengatur tentang keberadaan sumber daya alam khususnya tentang air (terlampir dalam kontrak kemitraan). Air dimengerti sebagai sumber kehidupan yang menjadi hak paten di setiap makhluk ciptaan Tuhan. Kami sebagai warga Negara Indonesia ingin tetap mengajak bergotong royong semua lapisan masyarakat, dengan membawa Program Karya Nyata Sosial ini untuk memberdayakan Sumber Daya Manusia dengan peduli dan sayang kepada Alam di lingkungannya masing-masing.

    Friday, 21 September 2012

    1 pulau Bali, 1 kota Denpasar utara dan 3 Posyandu

    Bali pulau dewata dikenal karena keunikannya, keindahan alamnya, pesona kharismatik budaya Indonesia. Pusat sumber pariwisata terbesar di Indonesia yang mampu menonjolkan sampai ke Dunia. Harapan kami Bangsa Indonesia tidak hanya itu tapi budaya saling memberi dan beri kepada masyarakat prasejahatera menjadi marak bahkan bisa menjadi gaya hidup di pulau Bali ini. Ada peta objek wisata, ada peta tempat-tempat hiburan, hotel bisa ditambah dengan peta masyarakat pra sejahtera jadi sembari jalan-jalan tapi bermanfaat bagi masyarakat pra sejahtera.

    Tuesday, 18 September 2012

    dari Alumni FHUI 1992 sampai WNA Rame-rame ke Posyandu


    Berkumpulnya para sahabat dari alumni FHUI 1992, buat gebrakan pertama kali yaitu turun ke masyarakat sekitar kampus Universitas Indonesia. Dipilihlah kelurahan Beji dan Kukusan atas dasar lokasi terdekat dari wilayah kampus. Survey kami ke lapangan membuahkan hasil 3 Posyandu sebagai calon pembinaan yang akan dijalani selama 6 bulan lamanya.

    Saturday, 7 July 2012

    Desa Ciwiru (Kuningan) sampai ke Desa Pagerwangi (Bandung Barat)

    Hari senin tanggal 2 Juli 2012, Para Sahabat dengan membawa Program KNS (Karya Nyata Sosial) siap untuk berangkat menuju ke desa Ciwiru kabupaten Kuningan yang terletak di perbatasana antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Berangkat dari jakarta jam 20:00 WIB dari jakarta menggunakan angkutan travel dijemput dan di antar langsung kelokasi.. Diperkirakan jam 4 atau jam 5 pagi sampai ke Desa Ciwiru.

    Doc : tim teknis program karya nyata sosial

    Saturday, 19 May 2012

    jakarta-cianjur-jakarta

    Kami berangkat dari jakarta jam 05:00 WIB pagi-pagi subuh... langsung berangkat kami ke cianjur untuk menghindari macet yang berkepanjangan... karena tepat jatuh pada hari libur panjang..


    Cianjur merupakan kota yang kecil tapi memiliki wilayah kabupaten yang cukup luas... sebagai kota transit yang berkembang yang mengapit dua kota yaitu bandung dan sukabumi...di kelurahan sawah gede kami datang dengan sasaran 2 posyandu... demikianlah rincian anggaran yang kami dapatkan setelah melaluli survey oleh saudara kita Bapak Denny


    Kami telah merancang bantuan selama 6 bulan. keberhasilan program dilihat dari kerja para kader posyandu  dalam membuat laporan kegiatan Posyandu. apabila dibulan 1 tidak lengkap maka kami akan berikan peringatan... bisa langsung dihentikan atau dilanjutkan diberikan kesempatan kedua.. tergantung dari musyawarah dengan para kader. kegiatan sosialisasi ataupun pembianaan untuk membuat laporan telah dilaksanakan pada hari jum'at tanggal 18 Mei 2012 pada pukul 13:00 WIB.. yang telah disampaikan dengan jelas oleh Sadewa. yang telah dihadiri oleh 14 posyandu dari 2 posyandu (7 orang kader posyandu melati dan 7 orang kader dari posyandu gelatik)


    Photo - photo kegiatan realisasi posyandu melati

    Posyandu Melati


    Contoh makanan sehat (susu sehat, biskuat dan telur rebus)

    Pemberian contoh makanan sehat kepada balita

    Penimbangan ibu hamil

    Pemberian contoh makanan sehat kepada lansia

    Kader posyandu Melati


    Photo-photo kegiatan posyandu gelatik

    Posyandu Gelatik

    Para Peserta Posyandu

    Contoh Makanan Sehat

    Para Kader Posyandu

    Penimbangan Balita

    demikianlah contoh kegiatan yang kami laksanakan  di kota cianjur... semoga bisa dicontoh diteruskan oleh masyarakat cianjur sendiri... amin

    Friday, 18 May 2012

    Indonesia’s Major Problem And How To Solve It

    Indonesia is the world’s fourth most populous country. The total population of Indonesia was last reported about 248,2 million in 2012. Based on the statistics, 13.3% of the population living under the national poverty line and around 18.06% of the population living on less than $1.25 a day at 2005 international prices.[1]

     “Poverty means going short materially, socially, and emotionally. It means spending less on food, on heating, and on clothing than someone on an average income. . . .  Above all, poverty takes away the tools to build the blocks for the future – your life ‘chances’. It steals away the opportunity to have a life unmarked by sickness, a decent education, a secure home and a long retirement.”[2]
    - Oppenheim and Harker, 1996, pp.4-5

    Indonesia is a nation that is trapped in an endless cycle of poverty. There are many causes of poverty in Indonesia, which includes lack of education, overpopulation, corruption and a centralized government. The difficulty that many underprivileged faced is that they lack of education, which has separated them to those who received good quality of jobs. As a result, many underprivileged are content to accept any jobs that they can get, even if the job has no benefit and most are poorly paid. At most time, in desperate needs to earn a living, many turns to drugs and commit crimes such as stealing, robbing and even murder. In particular, women often engaged in prostitution and sex trade.

     My project has three parts. First is to help them move away from all those degrading activities. Second is to provide them with more knowledge on how to do useful things to earn money and finally to create a better home. Nevertheless, my mother who is working in this area has developed a program regarding this event. We have a villa in Puncak, which is located at one of the hills in Java, and since the place is rarely being occupied, she decided to change the villa into a non-profit school where the kids could play while learning. The school offers a distinct program that includes activities such as musical, art, math and different other activities. We encourage people to visit and to share their knowledge and worked together to create a learning environment for the students. The program does not applied solely to children’s; in fact the school also focus to women to be a part of the learning environment. While their husbands are away for work, my mother thought that it would be better for the wives to also contribute to the program and learn more about arts and crafts. The tutors would teach the women to create items from cheap materials such as newspaper, magazines, unusable fabrics, etc. As a result, these materials can produce different kind of selling items such as rugs, small wallet, keychain, and bucket. The idea is that the women can sell something from their own creation and help earn money for their family.

         Keychain                                        Carpets                                           Soap

    One of my projects is to enhance the program by adding a new concept to contribute to the aim of the school that is providing knowledge to the underprivileged. For this I found a new technique that I believe could benefit to others. This technique called Makigami, which means roll paper in Japanese, and was invented by Benjamin John Coleman in 2009. Coleman saturates newsprint (newspaper) in a solution and then rolls it to form tapered branches. The rolled branches are then dried on cylindrical molds (like curtain rods, clothes hanger rods and vacuum cleaner tubes) and assembled to form complex branches.  Folded Origami leaves and flowers are then attached onto the branches resulting in a highly durable botanical sculptures made entirely from paper.[3] For my project, instead of using this technique only to design bonsai, it could also be used to create different objects such as jewelry, container, vase, or any kinds of selling items. As I experimented with the materials, I decided to make a bracelet using waving technique. I decided to create jewelry because I think jewelry is strong selling products particularly for women and in addition it would provide a great opportunity for the women to sell the jewelry to earn money.


     I found another inspiring documentary that gives me ideas for further research and experiment:

    A toughest place to be a bin man (BBC Television Documentary)
    A bin man from London, Wilbur Ramirez, drives a brand new rubbish truck. Part of his route takes him to the homes of wealthy. During the job he found laptops, bicycles, brand new telephones, and even wads of money. For ten days, he went to Jakarta to experience his job there. He worked together with Imam Syaffi who also a bin man in Jakarta. He discovered that Imam’s job is really different than what he does in London. He pushes a decrepit handcart along the streets, barefoot, and scoops up rubbish with a large wooden fork. He is also responsible to keep the open sewers. The cart gets heavier each time he scooped. It is an exhausting physical work and not worth the paid. Imam gets paid really low, not enough to pay a good rent. He lives with his family in a shantytown by the side of the road opposite to a large pile of ill-smelling rubbish. At nights, rats run through the handmade huts. Jakarta promotes itself as an enterprising city and is fast becoming a powerful economy, but it has failed to modernize its most basic of services.[4]



    The documentary shows the most well-known and worst occupations for the poor. It is to be a bin man, or in other word rubbish scavenger, which us Indonesian called ‘pemulung’. Each day they comb the waste in their own sites and search for items to recycle or consume. After they finish collecting items, they bring it to their dealer and earn money from the items that they collected. Each material has different values. Plastic is one of the best selling material. It is worth seven thousand Rupiah per Kilograms, that is around 80 cents of Australian Dollar.[5] Their earnings each day are around ten thousand Rupiah to fifty thousand Rupiah, but most of them only earn ten thousand to fifteen thousand. With that amount of money they can only eat once or twice a day and have nothing left. They cannot afford to maintain the minimum living standard, which requires healthy food, decent house, clothes, education, and transportation. Therefor, as I mentioned it before, my project is to educate them on how to earn decent money from experimenting with found objects as items that could sell. Another project that I am approaching in this method is to educate them on how to use these found objects as useful objects. For an example of this project, I will show several objects that could be use as useful objects.

    Crates as chair and table:


    Glass Bottle as a Vase:


    Isang Litrong Liwanag (1 Liter of Light)
    According to statistics, three millions households still remain powerless outside Metro Manila and even in the metro area, families still continue to live in darkness. Therefore, My Shelter Foundation created a project that is called Isang Litrong Liwanag to help brighten up millions of underprivileged homes in Philippines. Isang Litrong Liwanag is a sustainable lighting project, which aims to bring the eco-friendly Solar Bottle Light. It is designed and developed by students from the Massachusetts Institute of Technology (MIT). The Solar Bottle Light is made out of one liter of soda plastic bottle consist of mineral water and a little amount of bleach. They cut a 9x10 inch of metal roof sheet then cut a circle slightly two millimeters smaller than the circumference of the bottle container then attached the bottle with a rubber sealant. They protect the bottle cap from cracking by sun with a protective plastic tube then attached it on the roof. It creates a beautiful solar bottle light bulb. [6]


    Experiment:

    These inspiring individuals discussed above, Wilbur Ramirez, Imam Syaffi and My Shelter Foundation, have motivated me to create and implement their ideas for underprivileged families in Indonesia. I experimented with different found objects that can be found in places in Indonesia. Specifically, I have experiment with re-used crates, glass bottles, and plastic bottles and discover ways that can benefit underprivileged families for better living conditions. These objects could be easily found in a piling up garbage in Indonesia. Rather than just throwing it away, they could use it for much better tools such as interior furniture. With this project, they would not have to spend more money to be able to decorate their house into a better place. The great things about this project is that it is free, mostly recyclable, and to increase creative minds for living. In regards to crates in particular, often crates can be found in restaurant, supermarket, factories, and these crates are often thrown away after used. However, many garbage scavengers collect this item and usually sold to the plastic dealers in exchange for little money. Instead, these crates can be use for families at their homes. For example, crates collected can be cast into tables and chairs. As for glass bottles that are found in streets lakes, sewers and gutters can be use for home decorations such as a vase or even to store water. Finally the plastic bottle can benefit many families in their homes as a source of light. Inspired by Isang Litrong Liwanag, I could not help myself to experiment with the plastic bottles it selves. I tried to use smaller bottles and tried to mix some watercolor into the solution, but it failed because of the strong effect from bleach. So I used one Liter of bottle instead and put it in a huge cardboard box to see if it works and it did. It is a really beautiful source of light yet it does not cost the light. For future experiment, I will use different colors of bottles to create different colors of light to give a fun interior light experience.

    The documentary that inspired me was “A toughest place to be a bin man”. This documentary had given me an idea to design a shelter especially for the underprivileged. For further research of this project, I found another inspiration by an American architect, Michael Reynold, who is also known as a “Garbage Warrior” builds houses structures from the garbage. For thirty years he is based in New Mexico to advancing the art of “Earthship Biotecture” by building self-sufficient, off-the-grid communities where design and function converge in eco-harmony. He uses cans, car tires, and glass bottle as a structure of houses that produce thermal mass and energy-independent.

    How it is Earthship? First, it is a passive solar home made of natural and recycled materials; Second, thermal mass construction for temperature stabilization; Third, renewable energy and integrated water systems make the Earthship an off-grid home with little to no utility bills.

    How it is Biotecture? It is the profession of designing buildings and environments with consideration for their sustainability and it is a combination of biology and architecture. [7]


    Another architect that inspired me was Shigeru Ban. He is from Japan and he does a brilliant and eco-friendly design of buildings or house structures. One of his designs that are called “Paper Emergency Shelters” is built with a structure out of a low-cost paper tubes. He started this temporary shelter in Rwanda when two million people became homeless when civil war broke out. This shelter does not cost as much, since paper tubes can be manufactures in low cost and by small and simple machinery.[8] Indonesia is accompanied by humid and rainy seasons. Thus it is important the selected materials must be design according to this. Shigeru Ban had design his house structures made of paper. According to Conroy, 1987 factor such as climate should be taken into consideration when designing a shelter. Hence, with Indonesia majority of rainy weather using paper as the found object is not the best idea. As the water can damages the foundation of the shelter. Hence, I felt that PVC pipes would be best-suited materials for the shelter. Not only PVC is easily found and it is also eco friendly since it can be recycled. According to UNCHS (1985 as cited in Conroy, 1987) the elements of shelter include “adequate space, safety, water, sanitation, lighting, ventilation, and protection from noise and population”. UNCHS also suggested that these shared facilities include “ sufficient transportation, communications, shopping facilities and child care, religious and recreational services”. According to these useful element proposed by UNCHS, I have made my shelter cover the important elements.

        Shigeru Ban - Paper Tubes House

        Shigeru Ban - Paper Emergency Shelter

          PVC Pipe Shelter - Proposal (Elevations)

    The next step that I wanted to achieve is to take my design of the shelter to the next level by making it mobilized. According to Oram (1979 as cited in Conroy, 1987), housing should meet four main requirements. First, it should provide adequate protection and security. Secondly, it should be secure from the dangers of fire and structural collapse. Third, it should be under the conditions, which promote good health; including clean and sufficient water supplies and the removal of various kinds of waste. Finally, it should ensure that the individuals living in the area must have adequate space and privacy. Thus, the idea that I made the shelter mobilized can correspond to the requirements made by Oram, (1979 as cited in Conroy, 1987). [9]

    The inspiration for the design of my mobile shelter I got it from the garbage scavenger’s cart, which is the cart that they use for collecting the garbage to earn money. I research the existing size of the cart by asking my friend in Jakarta to measure it. After knowing the size of the cart I made drawings on how it could be transform into a shelter. By making the sides of the cart adjustable, the base and the sides could be the whole base of the shelter and while continue measuring it I found that the spaces of the mobile shelter is large enough to fit one family of five which includes both parents and three children. To show more about the space I made a conceptual model with the actual scale. It shows well on its height, and the area of the floor. I made a further work on this project because I think this project is the most important part of my whole experiments. It gives them a house yet it is portable which can be easily positioned anywhere.

    There are parts added to the existing cart to be able to make the structure of the shelter. It needs the frame of the shelter’s structure and it also need a cover tent for the roof and walls. For the frame and the tent I will use the same material as the shelter that I design before, which is the PVC pipe for the frame and sacks for the cover of the roof and walls. Another material that I thought of was adjustable steel pole where they can adjust the sizes of the height of the shelter.
    Another advantage from this mobile shelter is that they do not have to rent for a land. They could park anywhere and open their shelter in an empty land that has a clean environment.

    To make it homier for the exterior, I design the cover with entrance door and some windows. I also design a roof window for them to have an exhaust from smoking, because out of 248,2 million people in Indonesia, twenty eight percent of them are smoking. That is about sixty five million people smokes in Indonesia. [10] Therefore, roof window would be convenience from them to have a smoke inside the shelter. Storage is also designed for the shelter where they could keep the frame and cover of the shelter. It is also could be used to store their private belongings. There would be another cover for the carts while their collecting the garbage to keep the carts clean.

    Concept Drawings:



    Conceptual Model:



    As for the interior, I could use my previous experiment in above for the furniture and energy source at daytime. They wont be able to use a chair since the height is not high enough for them to sit on a chair, therefor crates could be use for tables and storages inside the shelter. For the energy source at daytime they could use the solar plastic bottle and for nighttime they could use some candles. For the water supplies, they could store it in the bottles, and use it to wash their clothes, dishes and other things.

    The disadvantage of this design is that the shelter would not have a place to shower. The solution for this is to go to public bathrooms. In Indonesia public bathroom are accessible for the underprivileged.

    For further research, I made a video showing the space of the shelter using my conceptual model, and use crates as tables, and some pillows and blanket for a place to sleep. The video shows the shelter during daytime and nighttime. The source for nighttime I lighted up some candles. This video shows the homey feelings inside the shelter.


    Overall I found that this research has give me the understanding of the underprivileged people in Indonesia and it also give me an opportunity to help them in terms of education, job opportunity, and a better home. I also got to experience and earn more knowledge from my research. I really hope this project will be continued for future reference when I go back to Indonesia.


    RMIT University
    Interior Design 
    History/Theory Project
    By Crystal A. Tjandra


    [1] Barientos, M. Indonesia – Poverty Headcount ratio. <http://www.indexmundi.com/indonesia/population_below_poverty_line.html>
    [2] Alcock, P. Understanding Poverty. (London: Macmillan Press Ltd, 1990.)
    [3] Coleman, B. ‘How Makigami holds the key to unleashing the power of Origami’. 2009. <http://www.origamibonsai.org/images/How_Makigami_holds_the_key_to_unleashing_the_power_of_Origami.pdf>
    [4] ‘A Toughest Place To Be A Binman’. 2012, video recording, BBC Two, London, UK.
    [5] Allard, T. ‘Plastic is fantastic for Indonesian scavengers’, 2009. <http://www.smh.com.au/world/plastic-is-fantastic-for-indonesian-scavengers-20091204-kb43.html>
    [6] MyShelter Foundation. ‘Liter of Light’. 2011. <http://isanglitrongliwanag.org/about-us/>
    [7] ‘Garbage Warrior’. 20011, video recording, Sundance Channel, USA.
    [8] Ban, S. ‘Paper Emergency Shelters Fors UNHCR. Rwanda. 1999
    <http://www.shigerubanarchitects.com/SBA_WORKS/SBA_DRP/SBA_DRP_3/SBA_DRP_3.html>
    [9] Conroy J. D., 1987. ‘Asian-Pacific Needs and Australian Responses’. Shelter for the Homeless.  Canberra Times Print. Canberra.
    [10] Christina M. ‘Data statistic perokok Indonesia. 2011. <http://www.slideshare.net/marianichristina_12/data-statistik-perokok-indonesia>