Friday 28 December 2012

Kader Posyandu Bergerak untuk Membasmi Jentik.


Jumantik (Juru Pemantau Jentik)


Musim hujan telah tiba. Hati-hati dengan genangan air di dalam dan lingkungan sekitar rumah yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk. 




Ibu Mona, 47 Tahun, warga Kelurahan Petogogan, Jakarta Selatan. Pagi ini berjalan dari rumah ke rumah untuk memeriksa genangan-genangan air antara lain di bak mandi, dispenser, kolam ikan, kaleng bekas, pagar dan tempat-tempat lain yang dapat menampung air apakah terdapat lava jentik nyamuk. Ibu Mona adalah seorang JUMANTIK, kader juru pemantau jentik. Kader Jumantik mengidentifikasi rumah-rumah yang tidak berpenghuni dan mengajak pemilik rumah  untuk pemberantasan sarang nyamuk.

Ibu Mona yang juga seorang kader Posyandu telah mengabdikan dirinya untuk kepentingan masyarakat kurang lebih 6 tahun menerima uang jasa sebesar Rp17,000 setiap bulannya. Tidak ada motifasi lain dalam menjalankan tugasnya selain mengikuti panggilan hatinya saja. Peran kader Jumantik sangat penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. 


Dengan sabar ibu Mona mendatangi warga untuk memberikan penerangan pentingnya membersihkan genangan air dari lava jentik nyamuk, meskipun terkadang ada warga yang belum mengerti tugas kader Jumantik dan menyangka mereka adalah peminta-minta. 
Menjadi Jumantik adalah tugas mulia. Jumlah pasien yang datang ke dokter bisa dikurangi dengan adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan berkat jasa kader jumantik.  

2 comments: