Saturday, 31 October 2015

POSYANDU - UJUNG TOMBAK PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

Selasa, 27 Oktober 2015

Tepat pukul 8.45 di Posyandu Amggur 2 Karet Kuningan Jakarta Selatan, para kader dan beberapa warga masyarakat diantaranya Pak RT dan sahabat dari Linda Widyati & Partners mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Ya, seperti biasa setiap kegiatan Posyandu selalu diawali dengan upacara. Satu per satu Pancasila dan Sumpah Pemuda dbacakan oleh seorang kader diikuti peserta lainnya.  Tidak lupa, warga masyarakat dan kader mengawali penimbangan bulan ke-2 dengan Gotong Royong membersihkan dan menyiapkan rumah Ibu Djumiati yang dijadikan tempat kegiatan Posyandu setiap bulannya.

Setelah upacara, kader mulai menimbang berat badan Balita, mengukur tinggi badannya dan mencatat perkembangan balita di Kartu Menuju Sehat. Orang tua balita menulis sendiri daftar hadir sebelum menerima PMT. berupa susu UHT, biskuit dan telur ayam rebus.

Peserta Posyandu Anggrek 2 bukan hanya Balita. Ibu Hamil dan Lansia Prasejahtera juga diperiksa perkembangan kesehatannya. Tidak jarang, para Kader memberikan penjelasan atas pertanyaan yang diajukan Peserta. Untuk itu, kader dibekali dengan informasi kesehatan yang biasaanya diberikan dalam pelatihan-pelatihan yang dikelola Kelurahan atau Kecamatan.

Kader di Posyandu Anggrek 2 diambil dari perwakilan RT - RT di RW tersebut. Kader mempunyai informasi yang akurat tentang keadaan kesehatan masyarakat di lingkungannya. Selain menjadi kader, ibu-ibu ini juga merangkap tugas selaku Jumantik. Juru Pemantau Jentik akan datang dari rumah ke rumah memastikan tempat biasa nyamuk bersarang bersih dari nyamuk atau bibitnya.

Peran kader Posyandu sangatlah penting bagi kesehatan masyarakat. Merekalah ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat.







1 comment: