BENGKALIS, GORIAU.COM - Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie mengatakan, seluruh warganya termasuk masyarakat Kelurahan Sungai  Pakning, Kecamatan Bukit Batu, juga mempunyai tanggungjawab yang sama dengan warga di tempat lain dalam menjaga kelestarian lingkungan. Harus ikut menjaga agar bumi ini tetap hijau dan asri.

Oleh karena itu Ahmad Syah memberikan apresiasi atas kesadaran masyarakat Sungai Pakning melakukan gerakan penanaman sekitar 300 pohon pelindung.

Secara simbolis, penaman berbagai pohon seperti Pucuk Merah, Bunga Tanjung, dan Mahoni yang dipusatkan di halaman PAUD Permata Bunda RW 6 Kampung Jawa, Sungai Pakning itu dilaksanakan Kamis (15/10/2015).

Selain Camat Bukit Batu Muhammad Fadlul Wajdi, hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Kapolsek Bukit Batu Sugeng dan Lurah Sungai Pakning Acil Esyno.

Ahmad Syah mengajak warga Sungai Pakning untuk menjadikan kegiatan menanam pohon sebagai budaya. Salah satunya, dengan cara  memanfaatkan lahan pekarangan rumah atau tempat-tempat lain di lingkungan masing-masing. Baik itu ditanami dengan pohon pelindung maupun yang produktif seperti buah-buahan.

''Mari kita tanamkan semangat dan wujudkan lingkungan alam yang hijau dengan menanam pohon demi masa depan kita dan anak cucu yang lebih baik,'' ujarnya seraya mengingatkan agar setiap pohon yang ditanam senantiasa dipelihara dengan baik. Misalnya, dipagar atau disiram di saat musim kemarau.

Katanya, manfaat pohon sangat luar biasa, tak hanya tempat teduh dikala terik matahari, tetapi paling utama adalah bisa mengurangi emisi gas efek rumah kaca.(ail)