Saturday 26 December 2015

Kelas Lego - Belajar Matematika Menggunakan Media Lego - 26 Desember 2015

Tuhan Yang Maha Esa, lindungilah seluruh Rakyat Indonesia dari Pulau Weh sampai Pulau Papua baik di dalam negeri maupun di luar negeri terbebas dari Godaan, Bisikan, Kedatangan, Hasutan, Hipnotis (Roh Jahat) Jin Iblis Syaitan yang Terkutuk.  
Dengan Menyebut Nama Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang 

Hari ini anak-anak Indolug South Jakarta melakukan kegiatan baru dalam kelas lego Karya Nyata Sosial, yaitu belajar matematika dengan menggunakan media Lego. Tentunya, matematika yang mereka pelajari adalah matematika dasar karena mayoritas anak-anak Indolug South Jakarta duduk di bangku SD. Sebelum dimulai seperti biasa anak-anak melakukan upacara.


Setelah upacara, anak-anak melakukan pembagian nasi bungkus kepada masyarakat pra sejahtera di sekitar Rumah Palem.



Sesudah membagikan nasi bungkus, anak-anak kembali ke Rumah Palem dan gotong royong membersihkan ruang kelas. Gotong royong ini dibagi beberapa kelompok, ada yang menyapu lantai, membereskan lego, dan mengepel lantai.


Sekarang saatnya kita belajar matematika dengan media Lego, kali ini anak-anak Indolug South Jakarta dipandu Kakak Caca dalam menghitung menggunakan Lego. 



Pertama-tama anak-anak diminta mengumpulkan lego dengan syarat khusus yaitu, empat buat Lego Bricks masing-masing 2x1, 2x2, dan 2x4 yang berbeda warna.


Langkah awal ini bertujuan untuk pengenalan dasar perhitungan matematika dengan media Lego seperti pertambahan dan pengurangan. Jadi anak-anak diminta untuk menyusun Lego sesuai dengan jumlah yang ditentukan oleh Kakak Caca. Setelah paham, Kakak Caca mengarahkan anak-anak ke perhitungan yang lebih kompleks. Dengan menggunakan kertas, anak-anak Indolug South Jakarta diminta untuk membagi kertas menjadi dua untuk mengelompokan angka satuan dan puluhan.



Pengelompokan angka ini berguna karena untuk memudahkan dalam operasi pengurangan bilangan. Sebagai contoh Kakak Caca meminta anak-anak menuliskan angka 15 pada kertas dengan menggunakan media Lego. Pada kolom puluhan dimasukan 10 buah Lego Bricks dan pada kolom satuan dimasukan 5 buah Lego Bricks, setelah itu dilakukan operasi pengurangan. 



Terakhir, untuk mengetahui pemahaman anak-anak Indolug South Jakarta dalam pembelajaran hari ini, Kakak Caca memberikan pertanyaan kepada masing-masing anak. Hasilnya pun baik sekali setiap anak dapat  mengerti dan menjawab soal matematika yang Kakak Caca berikan.

No comments:

Post a Comment