Saturday 13 July 2013

Khitanan Massal Cakung, Jakarta Timur

Khitanan Massal di Cakung, Jakarta Timur

 


Hari yang cerah, setelah semalaman diguyur hujan. Sabtu, 6 Juli 2013 dilaksanakan Program Karya Nyata Sosial bidang kesehatan yaitu Pemberdayaan Khitanan Massal di Pulo Jahe RW 05 Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.
 
Sebelum dimulai Program Pemberdayaan Khitanan Massal ini dilaksanakan beberapa tahapan persiapan yaitu :
 

Survey Calon Peserta Khitanan

Tim Teknis Program Karya Nyata Sosial dengan bantuan para kader posyandu Permata Ibu dan Permata Bunda mulai mensurvey anak laki-laki prasejahtera daerah setempat dan dokter untuk kegiatan khitanan massal ini. Akhirnya terkumpul 17 peserta:





Sosialisasi Warga

Kegiatan sosialisasi mengenai kegiatan khitanan massal dilaksanakan pada 25 Mei 2013. Pelaksanaan sosialisasi warga ini dihadiri oleh kader posyandu, perwakilan warga masyarakat yaitu Bapak RW 05 dan dokter.
 
Sebelum sosialisasi, seperti biasa dilaksanakan upacara yang sudah menjadi budaya sebelum memulai kegiatan. Upacara diikuti oleh seluruh peserta sosialisasi.

Pembahasan pertama musyawarah mufakat menentukan anggaran dari seluruh kegiatan khitanan massal dan diperoleh kesepakatan tentang paket khitanan massal yang terdiri dari: biaya dokter, sarung, bola, uang tunai dan nasi kotak.



Pembahasan kedua mengenai tempat dan tanggal pelaksanaan Khitanan Massal. Hasil musyawarah mufakat, khitanan akan dilaksanakan di TK Almadinah sebelah kantor posyandu RW 05, yang sudah mendapat persetujuan dari Bapak RW setempat. Pembahasan terakhir, penjelasan isi laporan khitanan massal. 




Realisasi Khitanan Massal

Tak seperti biasanya TK Almadinah ramai di datangi warga-warga sekitar yang notabennya adalah kader posyandu dan warga yang ingin melihat proses Khitanan Massal. Pukul 07:00 pagi para kader bersiap untuk pelaksanaan Khitanan Massal. Pengurus RW 05 menyiapkan ruangan untuk proses khitanan.
 
Seperti biasa setiap memulai kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, membacakan Pancasila, Sumpah Pemuda, Pembukaan UUD 1945 dan di akhiri dengan Doa Bagimu Negeri.


















Khitanan Massal diperuntukkan untuk anak lelaki pra sejahtera.
Mengapa khitanan? Karena khitanan merupakan salah satu tindakan medis yang penting untuk menjaga kesehatan anak, khitanan juga merupakan simbol bahwa seorang anak lelaki dianggap sudah dewasa dan juga simbol kasih sayang orang tua kepada anak laki-lakinya.

Karena itu, khitanan merupakan momentum tidak hanya berkesan tetapi juga ditunggu-tunggu, tak heran jika adat kebiasaan masyarakat Indonesia adalah merayakan khitanan secara besar-besaran. Bagaimana dengan anak yang orang tuanya pra sejahtera? Berangkat dari keinginan untuk meringankan beban orang tua yang pra sejahtera dalam melakukan khitanan, maka kali ini Program KNS melakukan kegiatan khitanan massal di Pulo Jahe, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. 
Walaupun peserta yang dikhitan hanya 11 anak dari 17 calon peserta khitan, kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan peserta yang lebih banyak dan sudah dibiayai oleh masyarakat sejahtera di Pulo Jahe, Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.






  



 


 

No comments:

Post a Comment