Sunday 30 June 2013

Desa Pagerwangi Tahap Keempat - Hari Kedua




Di hari kedua, 29 Juni 2013, pelaksanaan Tahap Keempat Program Karya Nyata Sosial di Desa Pagerwangi, kegiatan dilanjutkan melalui pemberdayaan pengobatan gratis. 

Pengobatan gratis pertama yang difokuskan untuk lansia pra sejahtera ini, seperti seluruh program KNS, dimulai dengan pemberian sosialisasi warga tentang latar belakang acara, penjelasan laporan dan diskusi musyawarah mufakat agar para ibu kader Posyandu dapat mengerti dan dapat bekerja sama satu dengan yang lain demi kelancaran acara. 

Sosialisasi Kegiatan Pengobatan Gratis















 



Realisasi Kegiatan Pengobatan Gratis

Kegiatan Pengobatan Gratis yang dimulai dari jam 8 pagi dan dibantu oleh 13 petugas kesehatan dari Rumah Sakit Al-Islam dan Puskesmas Lembang berjalan dengan lancar sampai dengan jam 4 sore.
Masyarakat pra sejahtera lansia sebagai peserta pengobatan gratis datang ke area pengobatan menggunakan jemputan yang memberdayakan fasilitas masyarakat. Urutan kedatangan menyesuaikan dari jarak RW yang terjauh dan diakhiri oleh RW yang terdekat.


 Sebelum kegiatan pengobatan gratis dimulai, seluruh peserta pengobatan gratis, baik kader, masyarakat dan petugas kesehatan mengikuti kegiatan upacara sebagai sebuah kebiasaan baik yang ingin dibudayakan kembali dalam masyarakat kita.


Obat-obatan yang digunakan merupakan hasil dari survei awal para kader Posyandu untuk menindentifikasi jenis jenis penyakit atau keluhan dari peserta pengobatan gratis.
Bentuk pemeriksaan berupa tanya jawab tentang keluhan peserta pengobatan gratis; pengukuran tekanan darah, analisa detak jantung, dan observasi lainnya.








1 comment: