Tuesday 24 April 2012

Antara Jakarta Ke Lampung

Kunjungan saya ke tanah Sumatera Selatan dimulai pada tgl 15 April 2012.. tujuan langsung ke provinsi lampung. Lebih tapatnya di desa Pagar Gading, Kecamatan Blambangan Pagar. Lampung Utara. Jarak dari bandar lampung -+ 2 jam 30 menit, menggunakan bus angkutan umum. Desa Pagar Gading terletak sebelum Kota Bumi. Untuk masuk ke desa Pagar Gading dari jalan lintas sumatera berjarak 5 KM. Masih memiliki jalan yg belum layak pakai. karena masih bebatuan dan struktur tanah yang tidak stabil, karena sering dilalui oleh kendaraan berat seperti truk angkut pasir. Kami menggunakan dua motor milik warga desa. Sebelum memasuki desa, kita disambut dengan bau yang idak sedap. karena ada pabrik pengolahan singkong yang akan menjadi bahan roti. Udara sangat panas melebihi panas jakarta ketika siang hari, tapi agak mereda setelah kami melewati hutan karet. disana banyak sekali hasil bumi seperti ada tempat pengambilan pasir putih, kebun kelapa sawit, singkong, jeruk nipis, hutan karet, ada pembibitan ikan dan padi.

Kondisi jalanan menuju desa pagar gading


Jalanan yang rusak membuat perjalanan kami terhambat

Hutan karet yang membuat menjadi tidak terlalu panas

Terbentang kebun sayuran


Kedatangan kami disini bertujan untuk memberikan pemberian makanan tambahan dan membina para kader posyandu untuk dapat membuat laporan kegiatan posyandu. Desa ini adalah merupakan kampung halaman dari Mbak Rina, yang sudah lebih dari 7 Tahun telah bekerja di rumahnya Ibu Endah di Jakarta Selatan. 

Sebelum kami hadir di desa ini, kami sudah melakukan survey dan pendataan lebih dahulu untuk Posyandu Anggrek 04 dan Kantil, lewat bantuan Ibu Manggis (Ketua Kader Posyadu Manggis) kita mendapatkan jumlah ibu hamil, balita , lanjut usia dan kader posyandu. 
berikut data yang sudah menjadi rincian anggaran :
A. Anggaran Posyandu Anggrek 04

B. Anggaran Posyandu Kantil :

 Demikianlah rincian anggaran yang telah disesuaikan harga makanan tambahan dengan warga sekitar di desa pagar gading. Dengan acuan jumlah peserta kehadiran penimbangan bulan lalu. Kemudian Setelah sampai di Desa Pagar Gading, kami langsung bersiap-siap untuk melakukan sosialisasi warga pada PK 15:00 di Balai Desa. Berikut ini adalah dokumentasinya :

KEGIATAN SOSIALISASI PROGRAM KARYA NYATA SOSIAL
MINGGU, 15 APRIL 2012
DESA PAGAR GADING, KECAMATAN BLAMBANG PAGAR, LAMPUNG UTARA







Kegiatan sosialisasi warga bertujan untuk memperkenalkan diri dan Program Karya Nyata Sosial. Penjelasan tata cara kegiatan realisasi sampai pembuatan laporan kegiatan posyandu dan penentuan warung warga sebagai penyediaan makanan tambahan berupa susu, biskuat dan telur.

Berikut adalah foto kegiatan di posyandu Anggrek 04 

KEGIATAN REALISASI POSYANDU ANGGREK 04
RABU, 18 APRIL 2012
DESA PAGAR GADING, KECAMATAN BRAMBANGAN PAGAR,
KABUPATEN LAMPUNG UTARA
PROPINSI LAMPUNG








 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------

KEGIATAN REALISASI POSYANDU KANTIL
RABU, 18 APRIL 2012
DESA PAGAR GADING, KECAMATAN BRAMBANGAN PAGAR,
KABUPATEN LAMPUNG UTARA
PROPINSI LAMPUNG








Demikianlah sekilas kegiatan kami di desa Pagar Gading kecamatan Blambangan, Lampung Utara
semoga kegiatan kami ini dapat dicontoh oleh Masyarakat sejahtera dan PEMDA setempat untuk meneruskan kegiatan kami yang telah kami lakukan. Agar kegiatan ini terus berkesinambungan dan dibiayai oleh masyarakatnya itu sendiri... 
amin.....

Atas Nama Rakyat Indonesia




No comments:

Post a Comment