Monday 30 April 2012

Karya Nyata Sosial adalah.....

Kebudayaan orang pada umumnya terutama di Negara Kesatuan Republik Indonesia setiap berhubungan dengan kegiatan sosial, pasti identik dengan LSM (Lembaga Sosial Masyarakat), Yayasan, Partai atau apapun namanya.... tetapi sekali lagi kami jelaskan dan sangat untuk diperjelas bahwa kami bukan itu (seperti yg telah disebutkan diatas)... Kami hanyalah masyarakat Indonesia yang berdiri sendiri (berdikari) tanpa ada bangunan, lembaga, nama kelompok, papan nama, kantor dan sebagainya... tapi kami berangkat dan bergerak atas dasar hati pikiran kami yang mempunyai dasar "Bahwa diri saya ada hak orang miskin yang meminta dan tidak mendapatkan bagian".




Dan sangat jelas kami tidak pernah melakukan kegiatan ini dengan cara membeda-bedakan agama, bahasa, budaya, warna kulit, adat istiadat. Kami sama sekali tidak demikian. Asalkan masyarakat Prasejahtera bisa menjadi masyarakat sejahtera. Kami ingin memberitakan kepada semua tiap Individu yang ada di seluruh Nusantara bahwa sesungguhnya hidup bangsa ini bakal sejahtera kalau mau kembali memahami dan mengerjakan Sumpah Palapa, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, Sumpah Pemuda, Pembukaan UUD '45. Makanya kami mau mengajak seluruh masyarakat yang sejahtera mau peduli dan sayang kepada seluruh Rakyat Indonesia terutama Masyarakat Prasejahtera.

Kami bergerak membawa sistem yang namanya KARYA NYATA SOSIAL, dengan langsung menuju sasaran yaitu ke sumber daya manusianya terlebih dahulu, yang ada di posyandu. Setiap kami datang ke daerah atau wilayah manapun, kami melakukan kegiatan program kesehatan yaitu pemberian Contoh Pemberian Makanan Tambahan yang sehat (selama 3 bulan atau 5 bulan atau bahkan setahun) dan pembinaan kepada para kader atau masyarakat untuk membuat laporan kegiatan yang baik dan benar. Jadi selalu ada 2 sistem pada setiap program KARYA NYATA SOSIAL berjalan yaitu Kegiatan Contoh (survey, sosialisasi dan realisasi)  dan Kegiatan Pelaporan (buku laporan, foto kegiatan, film kegiatan). Misalnya kami akan mengadakan Program Kebersihan contoh gotong royong, sebelum mulai dengan gotong royong kita melakukan sistem awal yaitu posyandu.. kenapa? (pertanyaan ini selalu terlontarkan) Karena posyandu (ada di tiap RT atau RW atau Dusun dan dilakukan oleh manusia yang sangat ikhlas yaitu kader posyandu) mempunyai data-data yang sangat akurat, buktinya bisa dilihat dari pengisian daftar hadir setiap bulannya..

Setiap gerakan kami pun selalu dibuat laporan secara tertulis dengan lengkap, baik urusan kecil maupun besar..jadi kami mengajarkan kepada para kader untuk selalu membuat laporan kegiatan. sehingga setelah periode pemberian contoh berakhir, para kader bisa mengajak orang lain yang tinggal di desa atau daerahnya masing-masing... demikianlah sekilas info untuk semua yang membaca tulisan ini. Wacana ini dibuat untuk selalu mengingat saya sendiri dan semua rakyat Indonesia bahwa musibah nasional itu hanyalah kemiskinan dan kebodohan..

Semoga Bangsa Indonesia bisa tambah sejahtera dan barokah



No comments:

Post a Comment