Wednesday 30 August 2017

Survey Bank Sampah di sekitar Kelurahan Cipete Selatan, Jakarta Selatan

Ya Tuhan lindungilah kami Bangsa Indonesia
dari Pulau Weh sampai Pulau Papua baik didalam maupun diluar negeri, agar terbebas dari godaan, bisikan, gangguan, hasutan, kedatangan, hipnotis (Roh Jahat) Jin Iblis Syaitan yang Terkutuk

Dengan menyebut nama Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

PROGRAM KARYA NYATA SOSIAL
BIDANG KEBERSIHAN

SURVEY BANK SAMPAH

Hari Rabu, 30 Agustus 2017
Pukul 10:14 WIB

Sembari menunggu hasil timbulan sampah rumah tangga Pagi dan Siang. Kita memutuskan untuk melakukan kegiatan survey lokasi bank sampah di sekitar kelurahan Cipete Selatan yang aktif dengan sangat baik. Kita sudah mendapatkan informasi sebelumnya dari Bimas (Bimbingan Masyarakat atau Massal) untuk wilayah Cipete, Jakarta Selatan yaitu Bp. Rofyan. Ada Bank Sampah yang aktif di RW 06 Cipete Selatan.

1.1 Peta Lokasi Bank Sampah




Pukul 10:18 WIB
Hanya 4 menit perjalanan yang kami tempuh ke RW 06 dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua, bertanya warga sekitar, semua mengarahkan ke SDN Cipete Selatan 03. Karena ternyata lokasi Bank Sampah berhadapan dengan SDN tersebut.

2.2 SDN Cipete Selatan 03

2.1 Jalan dari arah Cipete Raya

2.2 Masjid Birrul Amin yang berseberangan juga dengan Bank Sampah

2.3 Lokasi Bank Sampah



Berhubung Bank Sampah tutup, kita di arahkan oleh warga untuk langsung bertemu dengan Ketua RT 011, rumah yang dibelakang Bank Sampah. Rumahnya sederhana, Lantai satu buat usaha dagangnya dan lantai dua tempat beliau tinggal sekeluarga

3.1 Lokasi Rumah Ketua RT 011, sekaligus jadi tempat usahanya

3.2 Papan nama Ketua RT yang tertera di atas pintu masuk



Nama Ketua RT 011 adalah Bp. Marjun. Setelah saling berkenalan, langsung dibuka pembicaraan dengan beliau, menceritakan bahwa dirinya sudah kena kanker kurang lebih 1,5 tahun yang lalu. Jadi waktu aktifitas beliau di Bank Sampah sudah banyak tersita, karena faktor penyakit yang di deritanya. Beliau termasuk petugas sukarelawan Bank Sampah. 

Bank Sampah sudah berdiri semenjak tahun 2014, tepat tanggal dan bulannya beliau sudah lupa. Penimbangan dilakukan 2 minggu sekali setiap hari Sabtu pagi. Sebelum penyakit kanker di deritanya, beliau sangat aktif dari mulai kegiatan pelatihan memilah sampah ke warga sekitar, mengolah sampah organik (sisa sampah dapur, sisa sampah makanan) menjadi kompos. Beliau termasuk tokoh penting dalam membina warga sekitar RW 06 untuk peduli akan mengumpulkan, memilah sampah, sampah menimbang sampah.

4.1 Diskusi dengan Bp. Marjun



"Sampah darimanapun kita terima" ujar Pak Marjun.
"Sangat tidak masalah warga sudah banyak yang tidak aktif di Bank Sampah RW 06, lebih memilih menimbang di Bank Sampah lain, tetapi yang penting sudah banyak warga sekitar yang sudah mau mengumpulkan dan memilah sampah, butuh perjuangan yang tidak mudah untuk menumbuhkan kebudayaan itu" tambahnya.


5.1 Bp. Marjun (Ketua RT 011, Cipete Selatan)

Kemudian karena kondisi kesehatannya beliau harus kembali istirahat, kita diarahkan untuk ke Ibu Nana (Ketua Bank Sampah). Kita sudah dapat nomor telepon Ibu Nana untuk kita atur waktu untuk kegiatan survey berikutnya, minimal kita sudah tau letak dan lokasi Bank Sampah. Tidak berlama-lama kita segera kembali kerumah untuk melanjutkan kegiatan memilah sampah timbulan rumah tangga. Terima Kasih.




No comments:

Post a Comment