Saturday 26 September 2015

Suatu hari sabtu di Rumah Palem

Jakarta, 26 September 2015 

Rumah Palem, sebutan yang sering dipakai untuk rumah kediaman yang beralamat di Jalam Palem no 1A, Cipete Selatan, Cilandak, selalu dijadikan tempat untuk berkumpul dan bertukar pikiran antara sesama tim teknis Program Karya Nyata Sosial, para kader posyandu, masyarakat pra sejahtera ramai.

Hari ini ada empat kegiatan yang berlangsung secara serempak...

1. Kelas pendidikan lego untuk anak-anak Pra sejahtera di sekitar Rumah Palem
2. Kelas IPTEK atau ilmu pengetahuan dan teknologi untuk para Kader yang datang dari desa Jogjogan di daerah puncak,
3. Pembuatan laporan kegiatan setelah realisasi Bidang Kesehatan - Pemberian Makanan Tambahan di Posyandu Anggrek II, Karet Kuningan,
dan terakhir...
4. Kegiatan sosialisasi kepada beberapa sahabat KNS baru yang datang untuk berkenalan dan bertukar pikiran tentang kontribusi kepada masyarakat PraSejahtera dengan kapasitas ilmu, keahlian dan pengalaman hidup masing masing.


Kelas Pendidikan Lego.

Kelas untuk anak-anak yang selalu dimulai dengan kegiatan upacara seperti halnya kegiatan program KNS yang lainnya, diikuti dengan kegiatan rutin seperti; kegiatan gotong royong membersihkan areal kelas, berkeliling di sekitar rumah palem untuk melatih anak-anak berbuat baik kepada masyarakat Pra Sejahtera, dan dilanjutkan dengan diskusi untuk menentukan rencana kelas selama bulan oktober 2015.

Anak-anak dilatih untuk berdiskusi dan bermusyawarah untuk membuat 3 proyek kecil; pembuatan buku cerita, pembuatan komik bergambar dan terakhir pembuatan video dengan bersama belajar tentang teknik stop motion video. Tema yang dipilih untuk menjadi bahan materi ketiga proyek itu adalah DKI Jakarta dengan berbagai karakter cerita rakyat, bangunan serta monumen terkenal.


 Siang ini Mas Yuyud juga berkunjung untuk mencoba mengajarkan anak anak untuk berlatih bermain dengan berbagai alat musik. Lagu yang dimainkan pun juga bertema Jakarta atau betawi, Kicir-kicir.


Di ruang yang berbeda, ketika anak-anak kelas Lego hampir selesai dan mulai membereskan mainan, para kader dari posyandu Jogjogan memulai kelas Iptek - pelatihan komputer.





Yang terakhir, diskusi seru dengan beberapa sahabat baru KNS, Mas Dede, seorang praktisi komunikasi yang banyak bekerja di sebuah badan PBB; Wirawan dan temannya Frea atau lebih tepatnya kita panggil Frea Gundam karena kecintaan dan hobby akan model robot Gundam dari Jepang.
 

 Pada saat kita bertukar pikiran dan mendengarkan penjelasan tentang program Karya Nyata Sosial, kita mendapatkan banyak ide-ide baru yang dapat diaplikasikan untuk dapat mengajak lebih banyak orang lagi untuk berpartisipasi dengan program Karya Nyata Sosial, maupun beberapa ide dari Frea yang juga penggemar Board game untuk membuat permainan-permainan yang dapat dipakai untuk mengajarkan tentang program Karya Nyata Sosial ke masyarakat luas, kader posyandu maupun anak-anak prasejahtera yang ada di Paud.



Mudah-mudahan silaturahmi awal ini dapat terus berlanjut ke tahap berikutnya yang lebih nyata... 


No comments:

Post a Comment