Monday 23 December 2013

Program Karya Nyata Sosial Tahap 1 - Posyandu Cendrawasih


Tuhan Yang Maha Esa, Lindungilah Seluruh Rakyat Indonesia dari Pulau Weh sampai Pulau Papua baik di dalam negeri maupun di luar negeri terbebas dari Godaan, Bisikan, Kedatangan, Hasutan, Hipnotis (Roh Jahat) Jin Iblis Syaitan yang Terkutuk.
Dan
Dengan menyebut Nama Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang.


Program Karya Nyata Sosial - Tahap 1
Posyandu Cendrawasih, Kober, Cipete Utara, Jakarta Selatan


Daerah kampung Kober di Cipete Utara, Jakarta Selatan yang terletak di pinggir kali krukut, dan juga diapit oleh pemakaman Yayasan Bunga Cempaka di sisi selatan dan Apartemen Kemang di sisi utara.

Kampung ini memiliki penduduk yang terdiri dari hampir 300 kepala keluarga yang terbagi dalam 3 RT. Sebagian besar penduduk mempunyai pekerjaan sebagai penjual makanan keliling, pemilik warung atau buruh. 


Posyandu Cendrawasih sebagai pusat pelayanan terpadu masyarakat pra-sejahtera melayani 61 balita dan 4 ibu hamil. Sampai saat ini para kader posyandu belum mendapatkan bantuan yang memadai dari masyarakat sekitar ataupun pemerintah. Bantuan pemerintah yang diterima oleh Posyandu adalah sebesar 600 ribu yang diberikan per 3 bulan. 
Lokasi Posyandu Cendrawasih
 
Sedangkan dalam masalah banjir, bantuan yang ada hanya diterima pada saat terjadi banjir besar seperti sembako atau pengobatan gratis. Bantuan biopori yang dibuat dibeberapa titik seputar wilayah Kober, tidak dijaga dengan baik, sehingga sudah banyak titik-titik tersebut yang kembali tertutup oleh kotoran.
Berbagai titik Biopori di wilayah kampung Kober

Tanah yang di tempati warga RW 06 kelurahan Cipete Utara, kecamatan Kebayoran Baru ini kebanyakan tanah pribadi. Namun sehubungan akan adanya pembangunan tahap 2 dan 3 dari kawasan Kemang Village, adanya kemungkinan penggusuran kurang lebih 10 sampai 20 tahun lagi oleh Lippo Group.
Pada tanggal 7 Desember 2013, kami selaku Tim Pendiri Peduli Warga Lokal berkunjung ke Posyandu Cendrawasih untuk menawarkan Program Karya Nyata Sosial atau disingkatnya program KNS. Kami menawarkan 3 bentuk pembinaan; pembinaan pelaksanaan ritual upacara sebelum kegiatan, pembinaan pemberian contoh makanan sehat dan pembinaan pembuatan laporan. Program ini bertujuan mensinergikan masyarakat sejahtera agar peduli dan saying pada masyarakat pra sejahtera di daerah’nya masing-masing.



Perkenalan tim KNS dan Upacara yang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya



Dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila, Sumpah Pemuda, Pembukaan UUD'45 dan pembacaan Doa Bagimu Negeri

Penjelasan tentang Program Karya Nyata Sosial




Penjelasan cara pengisian laporan dimana tim KNS mendampingi masing-masing Kader
Setelah kesepakatan para kader dan wakil masyakarat untuk menjalankan program Karya Nyata Sosial, pelaksanaan realisasi program KNS bidang kesehatan dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2013 , yang dimulai dengan melakukan kegiatan gotong royong bersama warga dan kader posyandu Cendrawasih. 

Kegiatan Upacara sebelum kegiatan



Kegiatan Gotong Royong bersama kader di sekitar lokasi Posyandu




 Kegiatan penimbangan, pengisian daftar hadir dan pemberian contoh makanan tambahan

Kami juga melakukan kegiatan survey wilayah yang lebih menyeluruh diikuti oleh perwakilan kader dan pengurus RT/RW setempat.
Berdasarkan pengamatan kami bersama pengurus RT dan RW, pembangunan Kemang village tahap 1 yang telah berjalan sejak tahun 2011 turut andil berdampak pada meluapnya kali krukut dan selokan di sekitar lokasi ketika terjadi hujan besar maupun banjir kiriman dari Bogor dengan tingginya permukaan air kali. Titik-titik biopori yang dibiayai oleh pemerintah yang sudah banyak dibuat di wilayah tersebut tidak dapat mencegah banjir dari kali krukut.
Namun wilayah RT 03/06 ini tidak pernah mengalami kekeringan pada sumur timba mereka dan tidak pernah merasa kekurangan air di musim kemarau. 
Pembuatan sumur resapan pun tidak berfungsi untuk mencegah terjadinya banjir, tanggul manual yang ada juga tidak berfungsi karena ketinggian air limpahan dari kali krukut sekitar 1 meter lebih. Pak Iwan, Kepala RT 03/06 telah mengajukan permohonan pembuatan tanggul tembok pancang di sekitar pinggiran kali krukut di sekitar posyandu Cendrawasih kober kurang lebih sepanjang 1 KM. Sebagian pinggiran kali krukut telah dibuat pagar tembok pancang dengan dana hasil gotong royong warga RW 06.

Kami berharap agar Pemprov DKI dapat meninjau lokasi untuk membantu masyarakat Pra Sejahtera di kampung Kober.

Pengurus RT kampung Kober:

Nama : Iwan RT 03/06

Hp     : 0812 2013 2119

Nama : Kamto RT 04/06

Hp      : 0815 8736 662

No comments:

Post a Comment