Friday, 28 December 2012

Tulisan surat Bapak

Mudah-mudahan seluruh rakyat Indonesia dapat bersatupadu, seia sekata, sehati sepikir dalam memberantas kemiskinan dan kebodohan di bumi persada Indonesia ini, melalui karya nyata yang langsung dapat dirasakan oleh rakyat Indonesia yang miskin (prasejahtera)


Mau lihat informasi Program KNS lebih banyak?

Program Karya Nyata Sosial telah hadir di..............................................

Kader Posyandu Bergerak untuk Membasmi Jentik.


Jumantik (Juru Pemantau Jentik)


Musim hujan telah tiba. Hati-hati dengan genangan air di dalam dan lingkungan sekitar rumah yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk. 

Thursday, 27 December 2012

Dua RibU TigA BeLas, ngak pake alas, amblas-amblas, jadi malas, tapi ngak bikin lemas karena ada tambang emas,,, ayo masss

Bentar lagi semua orang di bumi merayakan 2013, menyambut tahun baru atau perubahan angka bilangan tahun..
Rencana atau harapan segera dibuat untuk mengisi 2013..
semoga Bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang bukan hanya penuh dengan kemeriahan tahun barunya, atau penuh dengan rencana dan cita-cita belaka.
Kadang sudah habis merogoh kocek yang tidak sedikit, habis pesta tahun baru udah begitu saja... liburan habis... kerja lagi , sekolah lagi...

Gotong Royong dan Pengolahan Sampah dengan 0% Modal


Gotong Royong dan Pengolahan Sampah dengan 0% Modal (Bantuan) di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Bandung Barat 

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dalam program Karya Nyata Sosial dilakukan kegiatan gotong royong sambil dibarengi dengan pengolahan sampah.  Kegiatan gotong royong sebagai bagian dari program Karya Nyata Sosial sudah pernah beberapa kali diadakan antara lain di Ketapang, Kalimantan Barat dan Buleleng, Bali tetapi gotong royong yang kali ini diadakan di Desa Pagerwangi berbeda dari kegiatan-kegiatan sebelumnya karena dilaksanakan benar-benar swadaya masyarakat atau bisa dibilang 0% modal. Sumber daya manusia, peralatan untuk membersihkan lingkungan desa, dan konsumsi semuanya berasal dari masyarakat desa Pagerwangi. 

Berita dari Harian Jogya "Jalan Rusak, Warga Iroyudan Tanam Pohon Pisang"


Jalan Rusak, Warga Iroyudan Tanam Pohon Pisang

Warga melintas di jalan berlubang yang ditanami pohon pisang di wilayah Dusun Iroyudan, Guwosari, Pajangan, Kamis (27/12/2012). (JIBI/Harian Jogja/Dinda Leo Listy)
BANTUL—Kesal karena jalan rusak di wilayahnya tidak kunjung diperbaiki, sebagian warga Dusun Iroyudan, Guwosari, Pajangan nekat menanam pohon pisang di sejumlah titik jalan yang berlubang.
Ditemui Harian Jogja, Kamis (27/12/2012) siang, salah satu warga Dusun Iroyudan, Imam, 45, menerangkan penanaman pohon pisang itu menyebar di jalan wilayah RT 1, 2, 3, 4, dan 6.
“Sudah bertahun-tahun jalan ini berlubang. Hampir setiap hari memakan korban kecelakaan. Hingga kini, belum sekalipun ada upaya perbaikan dari pemerintah,” kata Imam diamini belasan warga lain.
Kecelakaan terakhir terjadi pada Rabu (26/12) sekitar pukul 20.00. Karena terperosok salah satu lubang jalan, pasangan suami istri dan satu anak balita terjungkal dari sepeda motor.
Imam menerangkan, selama ini warga sudah berkali-kali melakukan perbaikan jalan secara swadaya. Yakni, dengan menambal lubang-lubang jalan menggunakan adonan pasir dan semen.
Namun, tambalan yang dikerjakan secara gotong-royong itu tidak pernah awet. Sebab,  jalan menuju Rumah Tahanan (Rutan) Bantul itu menjadi jalur perlintasan utama truk pengangkut batu dan pasir.
Karena tidak kuat menahan beban, tambalan tersebut lekas retak. Lantaran terus tergerus air hujan, retakan itu dengan cepat bertambah lebar hingga akhirnya kembali berlubang.
Menurut warga Dusun Iroyudan yang lain, Sumaryadi, 30, warga sejatinya sudah berupaya memasang lampu penerangan di sekitar jalan yang berlubang.

Jokowi Yakin Sumur Resapan Mampu Atasi Banjir

Penulis : Kurnia Sari Aziza | Rabu, 26 Desember 2012 | 11:54 WIB


Jokowi Yakin Sumur Resapan Mampu Atasi BanjirKurnia Sari AzizaGubernur DKI Jakarta Joko Widodo (berkemeja putih) didampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Ery Basworo (memakai topi). Jokowi 'nyebur' meninjau banjir Bukit Duri, Jakarta, Senin (24/12/2012).

Jokowi Akan Paksa Semua Mall Bangun Sumur Resapan



Penulis : Kurnia Sari Aziza | Rabu, 26 Desember 2012 | 20:22 WIB

Jokowi Akan Paksa Semua Mall Bangun Sumur ResapanKurnia Sari AzizaGubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengecek keadaan gorong-gorong di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2012). Tinjauan itu dilaksanakannya untuk mengantisipasi banjir di Ibu Kota terutama di jalan protokol Jakarta.

Slank tanam pohon di lereng Merapi

Gunung bisa meletus ada beberapa penyebabnya, salah satu penyebabnya jumlah pohon yang semakin berkurang, dan areal resapan air yang semakin menepis, ada banyak orang atau sekelompok orang yang terus mencari jalan keluar untuk memperbaiki. Mungkin kesadaran orang masih banyak yang belum mau melakaukan perbaikan diri dan lingkungan. Tapi ketika bencana baru semua orang berduka dan menderita. pPadahal ada banyak janal keluar atau solusi. coba kita lihat ada grup musik mega bintang Slank mencoba memberikan contoh semoga saja bisa diikuti juga oleh masyarakat Indonesia lainnya. seperti apa yang telah diberitakan oleh ANTARA NEWS

Kelompok musik Slank tampil dalam pagelaran "Ngabuburit Bareng Slank" di Lapangan Blok S, Jakarta, Selasa, (31/7). Konser yang diselenggarakan di beberapa kota tersebut untuk menghibur masyarakat menjelang berbuka puasa. (FOTO ANTARA/Agus Apriyanto)

Musim hujan dateng ngak masalah.. banjirnya yang jadi masalah


Untuk dikota-kota besar bahkan di desa-desa pun tindakan yang musti dilakukan terlebih dahulu adalah pembuatan areal resapan bisa berupa, biopori, sumur resapan, empang, kolam, taman, danau dll sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar. Sembari membuat areal resapan kita membuat pelatihan via kader posyandu yaitu gotong royong bersama dan pemilahan sampah sampai ke pengolahan sampah, hingg menanam pohon. Semuanya kalo hanya berupa larangan atau aturan tetap bisa dilanggar, tapi kalo udah ada kesadaran dari setiap diri pribadi kita, pasti terciptalah lingkungan bersih , asri bebas banjir dan polusi.
coba kita baca yang telah kami kutip dari
Kompas.com
Buang Sampah di Sungai Denda Rp 20 Juta

Wednesday, 26 December 2012

Mandiri Investasi Membina desa Pagerwangi (4)

23 Desember 2012 hari minggu pagi cuaca mulai cerah.. menghangatkan desa Pagerwangi yang sedari semalam diguyur air hujan

Mandiri Investasi Membina desa Pagerwangi (3)

Hari Sabtu 22 Desember 2012 hari ke-tiga di Desa Pagerwangi jam 7:30 Pagi
Sumur Resapan dilanjutkan dan kegiatan gotong royong bersama
Marilah kita lihat foto kegiatan pembuatan sumur resapan dulu yah..

Saturday, 22 December 2012

Mandiri Investasi Membina desa Pagerwangi (2)

Hari Jum'at, 21 Desember 2012

Hamparan kabut membuat permadani alam yang indah, Lihat desa Pagerwangi seakan mewakili lukisan keindahan alam Indonesia.

Hari kedua bersiap untuk melaksanakan kegiatan sumur, pelatihan gotong royong dan pengolahan sampah dilaksanakan jam 7:30

Mandiri Investasi Membina desa Pagerwangi (1)

Kamis, 20 Desember 2012. Hari Pertama.
Kawasan Cekungan Bandung yang merupakan salah satu kawasan andalan dan Pusat Kegiatan Nasional di Jawa Barat juga mempunyai arti penting bagi keutuhan ekosistem Jawa Barat dalam mendukung kehidupan, pelestarian fungsi lingkungan hidup, dan menjamin pembangunan berkelanjutan. Kawasan Bandung Barat sebagai kawasan konservasi air di Cekungan Bandung diharapkan dapat mendukung kualitas lingkungan Kawasan Cekungan Bandung.

Tuesday, 18 December 2012

Jokowi, Obama, Hillary Bersaing Rebut 'Person of the Year'


http://intranet01/AllianzIntranet/images/news/3185_1132108-lks--rt-rw-dan-anggota-pkk-berkumpul--620X310.JPG
JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), mengumumkan majalah Time akan memilih Person of the Year atau Orang Terbaik tahun 2012. Nama Jokowi masuk menjadi nominasi dan bersaing ketat dengan sejumlah nama, antara lain Barack Obama (Presiden AS), Aung San Suu Kyi (Burma), Gabby Douglas (atlet AS), Hillary Clinton (Menlu AS), dan Psy yang mempopulerkan Gangnam Style lewat YouTube.

Monday, 17 December 2012

Dua Presiden Indonesia yang Terlupakan Dalam Sejarah


Mungkin masih banyak dari masyrakat Indonesia yang beranggapan bahwa Indonesia hingga saat ini baru dipimpin oleh enam presiden, yaitu Soekarno, Soeharto, B.J. Habibie, K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri dan kini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun hal itu ternyata keliru. Indonesia, menurut catatan sejarah, hingga saat ini sebenarnya sudah dipimpin oleh delapan presiden. Lho, kok bisa? Lalu siapa dua orang lagi yang pernah memimpin Indonesia?

Sunday, 16 December 2012

Kader Posyandu Pahlawan Masa Depan


Penulis : Dedi Muhtadi | Sabtu, 8 Desember 2012 | 20:40 WIB:

Kader Posyandu Pahlawan Masa Depan KOMPAS.com/IKA FITRIANAKegiatan Posyandu
SUBANG,KOMPAS.com - Pendamping Kader Posyandu (PKP) merupakan garda terdepan pengelolaan kesehatan masyarakat. PKP berorientasi menjaga kesehatan masyarakat, khususnya balita, agar tetap sehat. Mereka akan bergerak cepat bila menemui balita yang menunjukkan gejala kesehatan terganggu.
Hal itu ditegaskan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada Jambore PKP 2012 Wilayah II Purwakarta di lapangan terbuka Riung Rangga, Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (8/12/2012). Peserta Jambore berasal dari Subang, Purwakarta, Bekasi, dan Karawang. Jambore berlangsung dua hari, 7-8 Desember 2012.

Menurut Heryawan, kader posyandu adalah pahlawan masa depan Jabar. Tanpa kesehatan sejak balita bangsa ini tidak akan memiliki sumber daya manusia (SDM) unggul di masa depan.
"Juga, tentu, tanpa kesehatan prima, siapapun tidak bakal menikmati asyiknya senam Gangnam Style," ujar Heryawan di depan 1.200 tenaga PKP yang saat itu menggelar senam.
Sebelumnya panitia menginformasikan bahwa sesi senam yang digelar adalah ala Gangnam Style (Gaya Gangnam). Gangnam Style adalah singel K-pop yang mendunia pada pertengahan 2012. Penyanyinya seorang rapper Korea Selatan, Park Jae Sang, yang lebih dikenal dengan nama PSY.
Peserta Jambore langsung bersorak mendengar informasi itu. Senam yang mengadopsi koreografi PSY, dalam lagunya Gangnam Style memang meriah dan dinamis. Diiringi lagu yang sedang hits ini suasana olahraga pagi tersebut benar-benar ingar-bingar.
Sesaat kemudian Heryawan dan seluruh peserta jambore bergerak mengikuti hentakan lagu. Seluruh anggota badanpun bergerak, termasuk silangan tangan ke depan yang menjadi ciri khas joget Gaya Gangnam.
Editor :
Agus Mulyadi

    Ahok Minta Mahasiswa Terlibat Posyandu



    Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Liputan6.com/Abdul Aziz Prastowo)

    Liputan6.com, Jakarta : Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memberikan arahan kepada Dekan Psikologi Universitas Atmajaya untuk mendayagunakan sumber daya mahasiwa dalam mendukung program-program pemerintah DKI Jakarta. Salah satunya, integrasi mahasiswa kedokteran Atmajaya dengan Psikologi di balai kesehatan masyarakat Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

    Wikipedia bahasa Indonesia


    Pos Pelayanan Terpadu

    Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
    Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. A.A. Gde Muninjaya (2002:169) mengatakan : ”Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu)”. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. (Departemen kesehatan, 1987:10).

    Rambu - Rambu

    Rambu peringatan lalu lintas diatas adalah rangka mengurangi tingkat kemacetan, bahasa sederhananya 1 mobil musti lebih dari 3 orang, yang kurang dari itu tidak boleh melintas dan ditentukan waktu dan wilayahnya.... tetap dengan adanya jasa numpang alias joki three in one, kemacetan akhirnya belum terselesaikan sampai sekarang.

    Saturday, 15 December 2012

    Kasih Ibu........

    Mama - Ibu - Bunda - Mami - Umi - Emak - Simbok - Mamak - Biyung

    "Kasih Ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia"

    5 Desember 2012

    Sahabat Kami Jujuk memberikan goresan tulisannya di blog ini apa yang terjadi pengalamannya di tanggal 5 desember? ada apa di tanggal 5 Des. Mari kita baca hasil pengalamannya . 


    Cerita Sedikit, Sedikit Cerita

    Rabu, 5 Desember 2012, dipilih sebagai hari untuk mempertemukan para sahabat yang berniat mau belajar tentang Program Karya Nyata Sosial. Bertempat di kediaman ibu Endah dekat jalan Fatmawati. 
    Semua ilmu dan pengalaman, sistem, petunjuk teknis dan pelaksanaan program karya nyata sosial dikupas habis agar dapat dilaksanakan oleh siapapun yang mempunyai keinginan untuk mensejahterakan bangsa Indonesia dengan suatu sistem melayani masyarakat prasejahtera secara terpadu.  

    Wednesday, 12 December 2012

    Dokumentasi Bali Buleleng 2011 (Posyandu)


    Dokumentasi Kegiatan Realisasi Posyandu di Buleleng Bali dengan 14 Posyandu 
    berikut anggarannya :


    Saturday, 1 December 2012